Friday, March 30, 2018

Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja NTT

Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja NTT

kumpulanupdateberita - Kepingin jalan-jalan menyaksikan Painted Hills Oregon? Atau menikmati pemandangan unik gunung pelangi di Zhangye Danxia, China? Sebelum terbang jauh-jauh ke dua tempat itu, ada baiknya kalau kamu mengunjungi objek wisata serupa yang ada di tanah air.
Bukit warna-warni bisa kita temui di bagian timur Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Bukit ini bernama Kelabba Maja dan berlokasi di Pulau Sabu (kadang disebut Sawu), Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Lokasinya berdekatan dengan pantai selatan Sabu.

Kembaran Painted Hills Oregon

Karena alamnya yang terdiri dari tebing berwarna-warni, tempat ini sering dibandingkan dengan Zhangye Danxia yang disebut sebagai salah satu keajaiban alam negeri Tiongkok. Juga disetarakan dengan ngarai Grand Canyon yang jadi kebanggaan negeri Paman Sam. Tetapi jika dilihat dari kondisi alamnya, Kelabba Maja lebih mirip dengan Painted Hills yang ada di Oregon, Amerika Serikat.

Sama seperti Painted Hills, Kelabba Maja juga memiliki ciri khas berupa tebing serupa deretan tabung yang bercorak. Sekilas tampak seperti disapu dengan kuas raksasa. Kita bisa menemukan lapisan warna biru, putih, coklat, dan merah di antara bebatuan Kelabba Maja.

Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja NTT

Selain bukit pelangi, Kelabba Maja juga memiliki beberapa batu keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri dengan kokoh di pucuk tebing yang meruncing.

Bukit pelangi milik sang dewa

Kelabba Maja dianggap sebagai tanah dewa oleh penduduk setempat, terutama warga desa Gelanalalu. Mereka percaya bukit-bukit penuh warna itu merupakan tempat berdiamnya dewa Maja. Di sana juga terdapat batu yang digunakan sebagai altar pemujaan bagi sang dewa. Setiap tahun masih diadakan ritual penyembelihan kurban demi memohon perlindungan dari Maja.

Karena kesakralan tempat ini bagi para penduduknya, jangan heran kalau pengunjung diminta untuk menjaga sikap selagi pelesir di sini. Berkata-kata kotor merupakan salah satu larangan yang sebaiknya ditaati demi kenyamanan bersama.

Wisata jempolan dengan infrastruktur seadanya


Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja NTT

Kelabba Maja merupakan salah satu objek wisata alam yang patut dikunjungi di Nusa Tenggara. Tak sedikit pecinta travelling yang kepincut dengan keindahannya melalui foto-foto keren di Instagram. Sayangnya seperti kebanyakan objek wisata yang nyaris masih perawan, Kelabba Maja juga sulit diakses.

Untuk mencapainya, wisatawan harus menempuh perjalanan dari Kupang ke Sabu. Setelah itu masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki jalan bertanjakan selama 2 jam.

Kondisi infrastruktur menuju kawasan ini masih belum terlalu memadai. Jadi dibutuhkan fisik yang prima untuk mencapainya. Karena itulah Kelabba Maja dianggap kurang cocok untuk wisata bersama keluarga.

Nah, masih ingin mengunjungi Zhangye Danxia? Mampir ke Kelabba Maja saja dulu.

sumber : merdeka

Wijaya Karya Kembali Buka Lowongan Kerja

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.