Saturday, April 21, 2018

5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

kumpulanupdateberita - Ibu Kota Jakarta memang memiliki banyak fasilitas untuk memanjakan warganya, terutama lokasi-lokasi tempat hiburan keluarga maupun bagi anak muda yang senang menghabiskan waktu berkumpul bersama sahabat. Karenanya di era tahun 70-an tak jarang banyak tempat yang memiliki kenangan bagi warga di masanya yang kini tinggal sejarah yang tak terlupakan.
Dari beberapa lokasi tempat hiburan yang dulunya sangat terkenal dan banyak menjadi tujuan utama selain Monumen Nasional yang telah menjadi ikon Ibu Kota Jakarta. Mungkin banyak yang tak mengetahui fenomenalnya sebuah tempat di pusat ibu kota yang kini tak dapat lagi kita jumpai.

Diantaranya yakni lima lokasi hiburan keluarga di Jakarta seperti Taman Ria Senayan, Teater Mobil Ancol, Parkir Timur Senayan, Kafe Tenda Semanggi, dan Melawai. Bagi kalangan muda lima lokasi tempat ini sangat dikenal dan menjadi tempat tujuan utama. Bahkan tak jarang, lima lokasi tersebut bisa meningkatkan gengsi anak muda yang pernah mengunjunginya, hingga namanya terus dikenal di kalangan muda-mudi saat itu.

Untuk kembali mengenang masa jaya kelima lokasi hiburan tersebut, Okezone merangkum sejarah perjalanannya yang disadur dari berbagai sumber.

1. Taman Ria Senayan


5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

Pada masa jayanya, lokasi hiburan keluarga yang dibangun pada 1970-an ini menjadi salah satu tujuan warga Jakarta. Berbagai fasilitas hiburan terbilang lengkap di tempat ini, karena pengunjung bisa menikmati beberapa wahana hiburan yang cukup seru. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa bersantai di tepi danau yang memiliki luas empat hektar yang memberi suasana ketenangan yang cukup alami.

Taman Ria Senayan sendiri banyak menjadi pilihan karena lokasinya yang mudah di jangkau dan berada di pusat kota. Sayangnya seiring dengan pertumbuhan kota yang kian pesat dengan hadirnya pusat perbelanjaan di tengah kota, membuat Taman Ria Senayan perlahan mulai ditinggalkan pengunjungnya.

Hingga akhirnya di masa akhirnya, akibat jumlah pengunjung yang terus menurun, lokasi tempat hiburan keluarga yang memiliki luas area sekira 11 hektare ini mulai ditinggalkan pula oleh penyewa bangunan. Hingga akhirnya Taman Ria Senayan kini tak lebih terlihat dari area kosong yang tak lagi dilirik banyak orang.

2. Teater Mobil Ancol


5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

Di masa saat ini, nama Ancol dikenal sebagai kawasan wisat dengan berbagai jenis wahana hiburan yang menarik serta berbagai fasilitas hiburan lain yang banyak diminati warga Jakarta. Namun keberadaan Ancol yang berdasarkan sejarahnya telah ada sejak abad ke-17 ini tak lepas dari salah satu fasilitas hiburan yang dulunya bernama teater mobil Ancol.

Dibangun pada 1970, teater mobil ini langsung menjadi ikon baru bagi lokasi hiburan yang berada di kawasan Jakarta Utara tersebut. Seiring terus ramainya pengunjung. Pihak pengelola Ancol langsung membangun sarana rekreasi lainnya yang hingga kini menjadikan Ancol masih banyak diminati para pengunjung baik warga Jakarta maupun wisatawan lokal dari berbagai daerah.

Sarana rekreasi berikut yang dibangun makin mempopulerkan keberadaan Taman Impian Jaya Ancol, tidak saja di kalangan masyarakat ibu kota, tetapi juga seluruh Indonesia. Pembangunan berbagai proyek terus berlanjut hingga kini. Pedagang kaki lima ditata, hotel dibangun, lapangan golf, dan beragam permainan dihadirkan.

Hal itu berarti sarana rekreasi dan hiburan di Taman Impian Jaya Ancol akan semakin lengkap. Pada tahun-tahun berikutnya, pengadaan sarana rekreasi dan hiburan diarahkan pada sarana hiburan berteknologi tinggi. Hal itu telah dimulai dengan dibangunnya kawasan Taman Impian “Dunia Fantasi” tahap I pada tahun 1985. Di masa sekarang, Taman Impian Jaya Ancol yang berdiri pada lahan seluas 552 hektar, telah menjadi tempat wisata dan rekreasi permainan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

3. Parkir Timur Senayan


5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

Label tempat tongkrongan anak muda kelas atas memang tak bisa lepas untuk kawasan satu ini yang dikenal dengan Parkir Timur (Parkit) Senayan. Lokasi yang terbilang tak memiliki fasilitas hiburan ini. Banyak anak muda yang memiliki mobil memanfaatkan jalanan ini sebagai arena balapan.

Bahkan kala itu salah satu anak Presiden Soeharto sering nongkrong di kawasan tersebut setelah melakukan balapan, hal itu pula yang membuat banyak anak muda lain yang menjadikan Parkit sebagai tongkrongan anak mobil dikala itu.

4. Kafe Tenda Semanggi


5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

Nama kafe Tenda Semanggi (KTS) sangat terkenal pada akhir dekade 1990-an, konsep warung dengan nuansa kaki lima namun tertata dengan rapi merupakan duplikasi dari trend berdirinya warung tenda kekinian yang menjamur sebagai bisnis cikal bakal menjamurnya banyak warung tenda yang dikelola anak muda.

Melihat peluang tersebut, pengelola SCBD akhirnya mendirikan KTS dengan konsep kenyamanan bagi pengunjung yang di dominasi anak muda ini sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Jakarta. Karenanya hampir seluruh tenant warung tenda Semanggi menawarkan menu dengan harga terjangkau.

Sayangnya seiring dengan hilangnya trend warung tenda, KTS yang kala itu sudah berjalan sekira 10 tahun harus tutup dan berganti dengan bangunan tinggi serta perkantoran meski beberapa tempat masih menyajikan kuliner dengan konsep resto.

5. Taman Ayodya /Barito


5 Tempat Ngetop di Jakarta Yang Sekarang Tinggal Kenangan

Taman Ayodya atau Barito memang tak sehits kawasan Blok M dengan fasilitas pusat perbelanjaan yang cukup mewah pada saat itu. Namun bagi sebagian kalangan Taman Bariot menjadi tempat tujuan yang banyak menjadi perhatian warga Jakarta. Selain bisa menikmati taman asri, lokasi ini juga sebelum tahun 2008 menjadi tempat tujuan warga mencari ikan hias.

Penataan yang dilakukan Pemprov DKI saat ini menjadikan taman Barito sebagai taman kota yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Pengunjung juga bisa menemukan beberapa pedagang kue dan lainnya di saat pagi hari.

sumber : okezone

Segera Registrasikan Kartu Prabayar, 1 Mei Mulai Blokir Total

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.