Thursday, June 28, 2018

Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

kumpulanupdateberita - Berkeliling Kota Jakarta pasti Anda akan melihat beberapa patung-patung yang berdiri kokoh dan gagah. Keberadaan patung-patung tersebut bahkan menjadi ikon dari daerah tempatnya berdiri, hingga menjuluki patung tersebut dengan nama daerahnya.
Bagi orang yang baru pertama kali ke Jakarta, selain melihat Tugu Monas, kunjungannya belum lengkap jika belum melihat sambutan dari Monumen Selamat Datang. Pasalnya, patung yang ada di tengah-tengah Bundaran Hotel Indonesia tersebut, memiliki desain yang unik dengan gestur melambaikan tangan seakan menyambut kunjungan tamu atau wisatawan.

Masih banyak patung-patung ikonik yang dimiliki Jakarta. Dihari jadinya yang ke 491 tahun ini, yuk rayakan dengan mengenal lebih dekat patung yang ada di Jakarta, Sabtu(23/6/2018).

1. Monumen Selamat Datang


Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Monumen atau patung Selamat Datang ini ada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), yang mulai didirikan pada 17 Agustus 1961 dan selesai setahun setelahnya. Dirancang oleh wakil Gubernurnya, yaitu Henk Ngantung, patung sepasang laki-laki dan perempuan ini menggenggam bunga sambil melambaikan tangan. Tujuan pendiriannya saat itu untuk menyambut tamu kenegaraan Asian Games IV di Jakarta.

2. Patung Sudirman


Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Sengaja didesain persis seperti Jenderal Sudirman, pahlawan nasional, patung ini pun diletakkan di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Tujuan pembuatan Patung Sudirman tidak lain ialah untuk mengenang jasa dan pengabdiannya Jenderal Sudirman. Patung yang dibangun pada 2001 tersebut menghabiskan dana sekira Rp6,6 miliar.

3. Tugu Tani atau Patung Pahlawan


Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Lebih populer dengan julukan Tugu Tani, siapa sangka jika nama asli patung ini adalah Patung Pahlawan? Ya, patung tersebut merupakan hadiah dari Uni Soviet sebagai lambang persahabatan. Dibangun pada 1963 patung yang memiliki tulisan, “Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar,” itu pun dirancang oleh dua orang arsitektur asal Rusia, yaitu Matvey Manizer dan Ossip Manizer.

4. Patung Pemuda Membangun


Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Patung berbentuk seorang pria kekar berotot membawa piring berapi tersebut bernama Patung Pemuda Membangun. Patung yang berada di Bundaran Senayan ini pun akhirnya menjadi ikon daerah tempatnya berada. Patung Pemuda Membangun dibangun pada 1971 oleh arsitek atau pemahat Imam Supardi dan Munir Pamuncak.

5. Patung Dirgantara atau Pancoran


Sejarah Patung Ikon Kota Jakarta

Tepat memang menamai patung-patung yang berada di Jakarta ini patung ikonik, karena hampir semuanya jadi dijuluki sesuai dengan nama daerahnya. Seperti Patung Dirgantara yang akhirnya disebut patung Pancoran, karena berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto. Tujuan dibangunnya patung ini oleh Bung Karno untuk menyambut para pendatang yang mendarat di Bandara Udara Halim Perdanakusuma dan makna Patung Dirgantara oleh Presiden pertama Indonesia itu untuk mencapai keperkasaan bangsa yang mengandalkan sifat jujur, berani, dan bersemangat dalam menjelajahi angkasa, Bung Karno pun ingin menampilkan keperkasaan Indonesia dalam bidang penerbangan.

sumber : okezone

Pasar Apung di Bundaran HI Jakarta

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.