Wednesday, August 29, 2018

Cantiknya Pulau Diyonumo Gorontalo Utara

Cantiknya Pulau Diyonumo Gorontalo Utara

kumpulanupdateberita - Pernah dengar Pulau Diyonumo? Inilah pulau cantik di Gorontalo yang mencuri hati.
Pulau Diyonumo, merupakan pulau cantik di Utara Gorontalo yang berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Akses yang mudah membuat pulau ini terkenal di kalangan warga sekitar dan juga turis dari luar kota maupun luar negeri. Pulau Diyonumo memiliki struktur daratan yang mirip dengan Pulau Kenawa, NTB dengan sebuah bukit kecil di pulau tersebut. Pemandangan yang disajikan pun tidak kalah indah dari pulau-pulau cantik lain di Indonesia

Halo D'travelers. Kalo mendengar Gorontalo, mungkin dari kalian banyak yang tahu tentang Pulau Saronde atau Pulau Cinta Eco Resort. Tapi di artikel ini Saya akan membahas tentang pengalaman pribadi Saya mengunjungi sebuah pulau yang gak kalah indah dengan pulau-pulau yang Saya sebutkan sebelumnya.

Adalah Pulau Diyonumo, sebuah pulau yang terletak di utara Gorontalo. Pulau Diyonumo masuk pada list pertama Saya saat mengunjungi Gorontalo untuk kedua kalinya bulan Juni 2018 kemarin. Dengan bermodal foto-foto instagram yang cukup menarik, Saya dan teman saya yang kebetulan sedang dinas di Gorontalo, menuju ke Pulau Diyonumo dengan menggunakan sepeda motor dari pusat kota Gorontalo.

Perjalanan Saya dimulai dari Jakarta kurang lebih menggunakan pesawat keberangkatan 04:30 WIB dari Bandara Soekarno Hatta. Sampai di Gorontalo kurang lebih jam 10.00 WITA setelah transit 1x di Makasar selama setengah jam. Oh iya, sekarang pembelian tiket online ke Gorontalo dari tempat asal teman-teman semakin mudah dengan aplikasi booking Pegipegi.

Cantiknya Pulau Diyonumo Gorontalo Utara

Teman-teman d'traveler cukup download aplikasinya dari google play store atau Apple store. Lalu pada tampilan awal aplikasi teman-teman d'traveler bisa langsung mencari tiket pesawat dengan tujuan dari kota asal ke Gorontalo. Prosesnya cukup mudah, dengan mengisi identitas di halaman selanjutnya dan melengkapi proses pembayaran yang mudah, teman-teman bisa langsung memesan tiket pesawat ke tujuan. Jangan lupa pada tampilan awal aplikasi @Pegi_Pegi ada bagian promo yang bisa teman-teman d'travelers cek dulu untuk mendapatkan potongan harga yang menarik yaa!

Setelah sampai di Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Saya dijemput teman Saya dari kota dengan sepeda motor sewaan dari Kota Gorontalo. Dari bandara perjalanan yang kita tempuh untuk mencapai Pulau Diyonumo kurang lebih 2 jam. Dengan bermodal gps smartphone dan gps lokal (gunakan penduduk sekutar), patokan Pulau Diyonumo adalah "Rumah Makan Tepi Laut" yang terletak bersebrangan dengan Pulau Diyonumo. Untuk ke pulau, pemilik rumah makan, Bu Anisa namanya, menawarkan sewa kapal berkapasitas 20 orang. Waktu itu kami membayar 50 ribu rupiah perorang untuk pulang pergi. Bisa dibilang murah karena kami nego sebuah kapal kapasitas besar tapi diisi hanya 2 orang, hehe.

Perjalanan ke pulau dari rumah makan Tepi Laut hanya 5-10 menit. Sinyal operator Indonesia pun sudah sampai di daerah ini. Jadi temen-temen bisa upload-upload social media masing-masing, hehe. Keunikan pulau ini adalah pulau ini mirip seperti Pulau Kenawa di NTB.

Ada bukit di pulau kecil ini yang bisa didaki hingga puncaknya. Waktu trekking kurang lebih 15 menit menuju puncak bukit Pulau Diyonumo. Pemandangannya menurut Saya indah banget, disebelah utara langsung ke laut utara Sulawesi, landscape pulau Diyonumo itu sendiri, dan sebelah selatan langsung daratan Sulawesi. Air laut yang berwarna biru muda karena perairan dangkal yang cukup luas membuat banyak wisatawan dapat berenang disekitar pulau.

Saat Saya kesana bulan lalu, pulau ini tidak memiliki retribusi alias gratis. Ada beberapa pedagang makanan kecil yang membuka lapak di pulau. Kita bisa sekalian jajan ataupun hanya sekedar beristirahat. Mengingat perjalanan kembali ke kota yang cukup lama, akhirnya kami segera berangkat pulang ke Gorontalo. Sedih tidak menikmati sunset di pulau ini, tapi suatu saat Saya berharap bisa kembali lagi.

Berikut ada kontak yang bisa teman-teman gunakan saat backpacker ke Gorontalo khususnya Pulau Diyonumo

1. Pak Erik Hotel Imam Bonjol, Gorontalo (sewa motor) 0821-9031-2008 / 0813-4004-4101 (Istrinya)

2. Bu Anisa RM Tepi Laut (sewa kapal ke Diyonumo) 0853-4290-7461

3. Pak Acon Diyonumo (salah satu penjual dagangan di pulau) 0823-9324-5080

Oh iya, Pak Acon bisa membantu buat mencarikan kapal buat keliling Pulau Diyonumo. Sekian cerita perjalanan singkat Saya ke Pulau Diyonumo, Gorontalo. Semoga bisa menginspirasi dan memberikan pencerahan untuk backpacker ke sana.

sumber : detik

Jalan Cepat Asian Games 2018 Ada Penutupan Jalan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.