Sunday, November 18, 2018

Kawasan Chinatown Instagramable di Indonesia

Kawasan Chinatown Instagramable di Indonesia

kumpulanupdateberita - Penyeberan dari masyarakat etnis Tionghoa bisa dibilang memang merata. Maka tak heran, masyarakat etnis Tionghoa ada di berbagai penjuru dunia.
Salah satunya yang tersebar di banyak kota di Indonesia, maka dari itu di Indonesia sendiri banyak terdapat kawasan Pecinan atau biasa juga disebut Chinatown sebagai kawasan perdagangan, kuliner, juga budaya.

Nah, biasanya kawasan Chinatown sendiri mempunyai nuansa interior yang khas yang mana terlihat keren ditangkap oleh lensa kamera. Jadi ingin tahu mana saja kawasan Chinatown keren di Indonesia? Baca dulu yuk ulasan singkatnya di bawah ini.

Jakarta

Pertama kita sambangi Jakarta, tepatnya kawasan Pecinan Glodok, di Jakarta Barat. Di area perdagangan yang terdapat bangunan tua yang masih berdiri kokoh sejak abad ke-19 ini bukan hanya berwisata kuliner yang bisa ditemui tetapi Glodok sendiri terkenal sebagai pusat penjualan elektronik dan komputer. Menariknya, di kawasan ini masih dipergunakan sistem penghitungan dengan alat hitung klasik khas masyarakat Tionghoa, sempoa.

Kawasan Chinatown Instagramable di Indonesia

Semarang

Kota ini dikatakan terkenal dengan kawasan-kawasan budaya, contohnya mulai dari Kota Lama yang kental dengan budaya Eropa, kawasan Pekojan-Kauman yang terkenal dengan warisan budaya Timur Tengah dan Gujarat, serta kawasan pecinan di Kranggan yang dikenal sebagai Chinatown-nya Semarang. Salah satunya, karena di sini lah tepat berdiri Klenteng Sam Poo Kong yang sangat terkenal. Mengunjungi kampung Pecinan, pengunjung bisa berwisata kuliner di Pasar Semawis yang menyajikan makanan-makanan khas Tionghoa dan makanan Jawa. Kenyang makan, kita bisa menikmati keindahan klenteng yang dibangun ratusan tahun lalu sembari menikmati suasana kehidupan masyarakat Tionghoa dan tak ketinggalan juga bisa berbelanja cenderamata khas Pecinan dan juga obat-obatan herbal Tionghoa.

Bandung

Untuk kawasan Chinatown di Bandung, berlokasi di area jalanan Kelenteng yang tersambung dengan jalan Cibadak dan jalan Jenderal Soedirman yang memang sudah dikenal sebagai lokasi wisata kuliner khas Tiongkok. Sebagai kota seni, Di Chinatown ala Bandung ini diketahui lebih lanjut ada sebuah museum di mana para pengunjungnya bisa cuci mata melihat-lihat perabotan antik khas budaya Tionghoa sampai mendapatkan info soal perjalanan sejarah etnis suku Tionghoa di Bandung.

Kawasan Chinatown Instagramable di Indonesia

Surabaya

Area Chinatown di Surabaya, Kya-Kya Surabaya dulu ramai sebagai pasar malam di kawasan pecinan kota Surabaya, terletak di sepanjang Jalan Kembang Jepun. Terdiri dari ratusan kios yang menjual berbagai macam makanan, baik masakan Tionghoa, makanan khas Surabaya maupun makanan lainnya.

Tak hanya makan, di sini juga bisa memanjakan mata dengan aneka gelaran pentas budaya. Sebut saja festival ngamen, suguhan musik keroncong, musik klasik Tiongkok, hingga barongsai anak-anak dan tari Ngremo Bocah. Sedangkan, disebutkan lebih lanjut acara-acara lainnya yang digelar adalah Shanghai Night, Dancing on the Street, Agoestoesan Tjap Kya-kya Kembang Djepoen serta Mystical Night, sampai Festival Bulan Purnama. Keren dan menarik untuk dinikmati mata dan dijepret langsung kan?

sumber : okezone

PT Gedhis Multi Manis-Bulog Buka Lowongan Kerja

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.