Monday, January 7, 2019

Alasan Akses Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup Total

Alasan Akses Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup Total

kumpulanupdateberita - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kembali menutup total akses pendakian Gunung Semeru sejak tanggal 3 Januari 2019 hingga waktu yang belum ditentukan.
Penutupan akses Gunung Semeru tertulis dlaan surat pernyataan nomor PG. 03/T.8/Bidtek/Bidtek.1/KSA/12/2018 tertanggal 26 Desember 2018 lalu.

Kepala TNBTS John Kenedie mengungkapkan penutupan ini sebagai bagian dari pengurangan resiko pendakian di musim hujan. "Untuk mengurangi resiko pendakian di Gunung Semeru saat musim hujan," ujar John kepada Okezone.

Ia menambahkan penutupan ini dilakukan berdasarkan koordinasi dengan beberapa pihak sebagai landasan pemutusan, termasuk BMKG.

"Kami perkirakan curah hujan tinggi di kawasan Gunung Semeru pada periode Januari hingga April 2019. Tapi sampai kapannya (penutupan) belum ditentukan. Nanti akan kita evakuasi dan lakukan koordinasi lagi, apa April nanti sudah bisa dibuka atau belum," lanjutnya kembali.

Alasan Akses Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup Total

Menurutnya, potensi beberapa musibah seperti pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang, dan hujan lebat dianggap membahayakan jiwa pendaki.

"Masuk musim hujan, banyak potensi pohon tumbang, tanah longsor, hujan lebat, kabut cuaca dingin, dan angin kencang yang membahayakan para pendaki," terang John.

Selain rawan bencana yang mengancam pendakian, penutupan ini guna pemulihan ekosistem di kawasan Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. "Kan jalur pendakian sudah dibuka selama sekitar 9 bulan. Penutupan ini untuk pemulihan ekosistem kawasan secara alami juga," ungkapnya.

sumber : okezone

Daftar Harga Pertamax Cs Turun

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.