Tuesday, January 22, 2019

Janjang Koto Gadang, Great Wall nya Sumatera Barat

Janjang Koto Gadang, Great Wall nya Sumatera Barat

kumpulanupdateberita - Kalau China punya Great Wall alias Tembok Besar yang mendunia itu, Indonesia punya miniaturnya yang tak kalah fotogenik. Adalah Janjang Koto Gadang yang juga punya tembok mengular dikelilingi pemandangan indah.
Janjang Koto Gadang atau juga dikenal dengan nama Janjang Saribu adalah sebuah objek wisata yang berada di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ciri khasnya berupa tembok beton yang mengular dari kaki bukit hingga ke puncak.

Tembok beton Janjang Koto Gadang memiliki panjang total 780 meter dengan jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 15-30 menit saja.

Walaupun begitu Anda tetap harus menyiapkan stamina untuk menyusuri setiap anak tangga hingga ke puncak. Ada titik-titik perhentian yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan kaki, kok. Jadi tidak perlu khawatir Anda bakal kelelahan di tengah perjalanan.

Janjang Koto Gadang, Great Wall nya Sumatera Barat

Bukan cuma arsitekturnya yang cantik. Pemandangan alam di sekitar tembok beton juga sangat indah. Berupa perbukitan berselimut kabut yang dikelilingi tetumbuhan hijau. Udaranya pun sangat sejuk.

Janjang Koto Gadang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Hanya saja saat itu namanya masih Janjang Batuang dan dijadikan jalan pintas dari Koto Gadang menuju Bukittinggi. Beberapa tahun terakhir tembok sudah direnovasi dan diresmikan sebagai destinasi wisata baru.

sumber : merdeka

Gejala HIV AIDS Agar Tidak Salah

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.