Tuesday, November 28, 2017

BMKG Deteksi Siklon Cempaka Masyarakat Harus Hati-hati

BMKG Deteksi Siklon Cempaka Masyarakat Harus Hati-hati

kumpulanupdateberita - Dampak yang ditimbulkan dari siklon cempaka adalah terjadinya hujan lebat disertai angin yang akan terjadi di hampir seluruh wilayah Jawa.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis telah terdeteksi siklon cempaka di dekat pesisir selatan Pulau Jawa. Pertumbuhan siklon tropis ini diketahui kemarin (27/11) pukul 19.00 WIB. Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta masyarakat mewaspadai hal ini.

"Akan terjadi pola perubahan cuaca. Masyarakat harus waspada, tapi silakan tetap tenang," kata Gus Ipul, usai memantau langsung banjir di Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Senin (27/11) malam.

Dari informasi yang disampaikan BMKG, kata Gus Ipul, dampak yang ditimbulkan dari siklon cempaka adalah terjadinya hujan lebat disertai angin yang akan terjadi di hampir seluruh wilayah Jawa, mulai Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

BMKG Deteksi Siklon Cempaka Masyarakat Harus Hati-hati

Angin kencang yang menyertai hujan bisa mencapai 30 knot dan berpotensi terjadi di perairan utara Jawa Timur hingga ke Pulau Kangean. Selain itu angin kencang ini juga hampir menyeluruh terjadi di beberapa wilayah Jawa hingga ke Selat Bali, Laut Sumbawa, Serta kawasan lainnya.

Begitu juga potensi gelombang setinggi 2,5-6 meter juga berpotensi terjadi di perairan Selatan Jawa Timur l, Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah

Diperkirakan Siklon Tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari ke depan. "Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin," kata Gus Ipul.

Aktivitas penerbangan di beberapa bandara di Pulau Jawa juga berpotensi terpengaruh akibat hujan dan angin kencang.

Dengan kondisi gelombang laut yang cukup tinggi masyarakat dan kapal-kapal yang melintas diimbau untuk tetap waspada dan siaga terutama nelayan tradisional yang beroperasi di perairan selatan Jawa.

sumber : merdeka

BPJS Kesehatan Pastikan Tetap Jamin Biaya 8 Penyakit

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.