Wednesday, July 11, 2018

Pulau Tongkeng, Pulau Tidak Berpenghuni di Jakarta

Pulau Tongkeng, Pulau Tidak Berpenghuni di Jakarta

kumpulanupdateberita - Jakarta tidak sekadar kota metropolitan, memiliki daerah pesisir tentu sudah diketahui banyak wisatawan. Gugusan pulau-pulau kecil yang tergabung dalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memang bisa jadi alternatif bagi wisatawan dalam kota yang tidak ingin pergi jauh, sementara tetap mendapatkan sensasi wisata bahari.
Salah satu pulau yang cukup jarang terjamah dan masih bagian dari Kepulauan seribu, tepatnya Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, yaitu Pulau Tongkeng. Pulau ini memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, namun tetap menjanjikan wisata bahari yang indah dengan keadaan alam masih bersih.

Tidak hanya itu saja, Pulau Tongkeng menurut laman resmi Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, Rabu (11/7/2018), adalah pulau yang ada di Provinsi DKI Jakarta yang belum berpenduduk. Meskipun begitu Pulau Tongkeng termasuk dalam Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional, sehingga wisatawan dari dalam maupun luar negeri (mancanegara) bisa datang berkunjung untuk berlibur.

Khas pulau yang tidak berpenduduk tentu kondisi alamnya masih natural dengan pohon-pohon dan hewan-hewan bebas berkeliaran. Di Pulau Tongkeng, ada beberapa jenis cemara laut, pohon kelapa, stigi, dan nyamplung, sedangkan hewan yang banyak berkeliaran adalah biawak dan burung kepondang.

Pulau Tongkeng, Pulau Tidak Berpenghuni di Jakarta

Bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang datang berkunjung ke Pulau Tongkeng tidak perlu khawatir untuk menyandarkan perahu sewaannya, karena di pulau ini sudah terdapat dermaga yang terbuat dari kayu dan beton. Terdapat pula tempat peristirahatan dan sumber air tawar untuk menunjung kebutuhan hidup sehari-hari.

Daya tarik khas pulau berpantai yang jarang dijamah tentu dimiliki oleh Pulau Tongkeng. Namun, tidak lah lengkap jika menyambangi pulau yang memiliki luas 3,36 hektar ini tidak merasakan sensasi snorkeling, sebab Pulau Tongkeng memiliki beberapa spot snorkeling yang apik.

Beragam warna-warni terumbu karang, ikan-ikan yang berenang dengan gembira, dan bintang laut yang asyik bersantai sangat bisa disaksikan di Pulau Tongkeng. Berenang-renang secara perlahan di permukaan air lautnya bisa membuat jiwa menjadi tenang, apalagi terumbu karang yang tampak seperti melambai-lambai seakan mengajak berenang bersama dengan ikan-ikan yang berkejaran di sela-selanya.

sumber : okezone

Lowongan Kerja Freeport Indonesia

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.